Cara Setting Mata Uang Rupiah pada Toko Online Prestashop

Secara default, Prestashop menggunakan mata uang Dollar sebagai mata uang utama. Karena mata uang Dollar jarang dipakai untuk transaksi online di Indonesia maka kita harus menambahkan mata uang Rupiah ke dalam toko online Presatshop. Anda bisa menambahkan dan menjadikan Rupiah sebagai mata uang Default pada toko online Prestashop.

Di Prestashop anda tidak bisa menghapus mata uang Default. Harus ada satu mata uang default dalam toko online Prestashop. Oleh karenanya anda harus menambahkan mata uang lain dan menjadikannya default lebih dulu sebelum anda menghapus mata uang Dollar. Hal yang harus anda siapkan adalah Anda harus menginstal Localization Pack untuk “Indonesia” lebih dahulu. Setelah anda install langkah berikutnya adalah anda harus menambahkan Mata Uang (Currency) baru.

1. Login ke area Administrator Toko Online Prestashop Anda.

2. Pilih menu “LOCALIZATION” >> pilih submenu “CURRENCIES“.

kursus toko online

3. Di Jendela “Currencies” klik tombol “Add New Currency“.

kursus toko online

4. Isikan data data form Currency seperti gambar dibawah ini. Klik tombol “Save” untuk menyimpan Mata uang yang sudah anda tambahkan.

kursus toko online

 

5. Nah, untuk menjadikan Mata Uang Rupiah sebagai Default maka Anda harus melakukan konfigurasi pada menu “LOCALIZATION” >> pilih kotak “CONFIGURATION“.

6. Lakukan setting pada “Default Currency” >> pilih melalui menu dropdown mata uang “Rupiah“.

kursus toko online

7. Klik tombol “Save” untuk menyimpan konfigurasi Mata uang yang anda lakukan.

8. Cobalah refresh halaman toko online anda dan lihatlah hasilnya. Mata uang Rupiah sudah menjadi mata uang default pada toko online Prestashop anda.

9. Selamat mencoba.