Cara Setting Kuota Maksimal Upload di Prestashop

Jika anda pengguna Prestashop dan saat ini menggunakan Shared Server maka biasanya ada pembatasan kuota upload maksimal yang diperbolehkan melalui server. Seandainya kuota upload anda melebihi nilai yang sudah disetting di Server untuk toko online anda maka dapat dipastikan proses upload akan gagal. Untuk itulah anda harus tahu berapa kuota maksimal upload di server. Anda bisa berkonsultasi dengan pihak Hosting.

Selanjutnya anda dapat menentukan Kuota Upload yang anda perbolehkan di Toko online anda berdasarkan nilai Maksimal Upload Server. Informasi ini penting diketahui dan diberikan informasi kepada User lainnya agar mereka tidak mengupload file melebihi apa yang sudah anda settingkan di area Administrator. Di Prestashop, anda dapat mensetting Kuota Upload untuk Image Produk, Attachment, dan Produk Download.

1. Login ke area Administrator Toko online Prestashop.

2. Pilih menu “Admnistrations” >> pilih submenu “Preference“.

kursus toko online

3. Perhatikan pada jendela “Preference“, Scrool mouse ke bawah dan arahkan ke bagian “UPLOAD QUOTA“. Yang harus anda perhatikan adalah satuan yang digunakan adalah MB (Megabyte) untuk file upload.

kursus toko online

4. Isikan nilai pada masing-masing variabel. Kemudian klik tombol “Save” untuk menyimpan setting kuota upload di toko online Prestashop.

Untuk image produk sebaiknya menggunakan format JPG,PNG atau GIF, sedangkan untuk file Attachment dan Produk Download disarankan bisa menggunakan  PDF,ZIP,TAR,GZIP. Yang menjadi catatan penting adalah saat anda mengupload image produk sebaiknya diolah terlebih dahulu. Cobalah diresize ukurannya ke 800 px x nilai variabel. Ukuran ini bisa digunakan untuk Detil Gambar agar lebih jelas dan menarik ketika customer melihat dengan mode Zooming (Pembesaran). Secara default, Prestashop akan menggenerate thumbnail untuk setiap gambar yang anda upload. Selamat mencoba.