Cara Mudah Install Template Prestashop

Template (theme) adalah layout dasar untuk website toko online anda. Pada saat instalasi prestashop anda akan mendapati template default yang cukup clean dan elegan. Anda bisa meredesain template tersebut sesuai selera anda. Akan tetapi anda bisa juga mengganti dengan template prestashop yang lain. Anda bisa mendapatkan theme secara gratis atau berbayar. Setelah mendapatkan template yang anda sukai lakukanlah download dan simpan ke komputer lokal anda.

Cara melakukan instalasi template baru di prestashop adalah sebagai berikut:

1. Anda harus menyiapkan template prestashop lebih dulu. Download file template ke komputer lokal anda.

2. Buka File Manager Cpanel hosting, temukan path untuk file template misal: public_html/themes

3. Upload file template yang sudah anda download pada poin (1).

4. Extract file zip template

5. Maka anda akan mendapatkan folder template di dalam folder “themes

Nah, setelah mengupload file template, selanjutnya anda harus mengaktifkan template melalui area dashboard prestashop. Untuk mengaktifkan template toko online prestashop, anda harus login ke area dashboard toko online prestashop dahulu :

1. Kemudian pada navigasi menu sebelah kiri pilih menu “PREFERENCE“.

2. Pilih submenu “Themes

3. Perhatikan di bagian atas halaman, klik tombol “Add new theme” untuk memasukkan atribut theme yang sudah anda upload via file manager (poin 5)

kursus toko online prestashop

4. Anda bisa menginstall theme dengan cara mengambil langsung link template dari sumber theme atau dari theme yang sudah anda upload via file manager lebih dulu. Jika anda memilih cara kedua maka perhatikan di bagian bawah jendela Add new theme klik tombol “Create new theme“.

kursus toko online prestashop

4. Pada bagian “Name of the theme“, isikan dengan nama theme sesuai folder theme. Jangan lupa untuk mengupload gambar thumbnail theme baru.

5. Pada bagian “Name of the theme’s directory“, isikan dengan nama directory file theme.

kursus toko online prestashop

6. Kemudian lanjutkan dengan klik tombol “Save“.

7. Hasilnya adalah theme baru akan tampil di daftar theme di area Dashboard.

Jika anda ingin menggunakan theme baru sebagai default maka caranya cukup mudah. Bukalah daftar template aktif di area administrator. Kemudian klik pada gambar theme untuk menjadikannya sebagai default theme anda. Cobalah refresh toko online prestashop anda. Maka otomatis tampilan template akan berubah menggunakan theme baru.

Anda dapat juga menghapus template dengan memilih pada dropdown thumbnail theme kemudian klik “Delete this theme“. Ingat menghapus theme dari area admin prestashop bukan berarti menguninstall. Jika ingin menguninstall maka anda juga harus menghapus folder theme pada Public_html/themes/NAMAFOLDERTHEME.

kursus toko online prestashop

Selamat mencoba..!