Cara Mengelola User di Toko Online Prestashop

User di Prestashop biasanya disebut “Employee“. Prestashop membagi user dalam 4 kelompok yaitu Super admin, Logistics, Translator dan Salesman. Masing masing user tersebut memiliki peran dan hak akses yang berbeda-beda. Sebagai contoh Super admin adalah user yang memiliki hak akses penuh terhadap toko online. Dia bisa merubah setting,menginstall modul, template, mengelola order dan customer dll. Logistics adalah user dengan hak akses di bawah Super Admin, dia memiliki hak akses penuh terhadap toko online kecuali menu “LOCALIZATION, PREFERENCES, ADVANCE PARAMETERS, dan ADMINISTRATION” antara lain: CATALOG, ORDERS, CUSTOMERS,MODULES, SHIPPING.  Translator  hanya berhak mengakses menu “CATALOG dan PREFERENCE CMS (menambahkan halaman baru di toko online). Sedangkan Salesman hanya berhak mengakses menu “CATALOG, ORDERS, CUSTOMERS, & STATS.

Sebagai Super Admin anda bisa membuat Hak Akses untuk masing masing  user sesuai dengan kebutuhan anda. Lihat tutorial “Cara Setting Permission User di Toko Online Prestashop“.

Untuk menambahkan User baru di Prestashop adalah sebagai berikut:

1. Login ke area Administrator

2. Pilih menu “ADMINISTRATION” >> Pilih submenu “EMPLOYEE“.

kursus toko online

3. Klik pada tombol “Add new Employee” untuk membuat dan menambahkan user baru.

 

kursus toko online

 

4. Pada Jendela “Add new Employee“, isikan data-data user dan Role nya di Toko Online anda. Jangan lupa set “Active” kepada user yang anda bikin dan Pilih “Permission Profile“.

 

kursus toko online

 

5. Selanjutnya klik pada tombol “Save” untuk menyimpan user baru. Maka user baru akan tampil di Jendela “Employee” seperti gambar dibawah ini:

 

kursus toko online

6. Selamat mencoba.

Dalam hal mengelola User, Super Adminlah yang hanya diberikan Akses untuk menambahkan. Anda bisa menghapus dan menghapus User yang sudah anda buat dengan memilih melalui meu Dropdown  disamping button “Edit” masing-masing user.