Cara Mengelola Stok Barang pada Toko Online Woocommerce

Stok atau persediaan barang merupakan info penting bagi pemilik toko online dan calon pembeli. Bagi pengelola toko online info stok persediaan barang bisa dimanfaatkan untuk produksi barang berkelanjutan. Selain itu pengelola akan bisa membedakan barang yang fast moving dan yang bukan. Fast moving berarti memiliki perputaran produksi yang cepat.  Sedangkan bagi pembeli adanya info stok akan membuat waktu belanja lebih efisien.

 

Toko Online woocommerce memungkinkan pengelola melakukan perhitungan persediaan barang secara otomatis. Cukup dengan melakukan setting stok melalui area administrator maka calon pembeli akan tahu barang mana yang stoknya tersedia. Baiklah, pada tutorial ini kita akan belajar mengelola stok toko online.

1. Login ke area administrator toko online woocommerce >> pilih menu “Woocommerce” >> pilih submenu “Setting“.

kursus toko online

2. Pilih tab “Products” pada jendela kerja. Selanjutnya klik pada link teks “Inventory” untuk mensetting penggunaan modul inventaris barang.

3. Lakukanlah setting seperti penjelasan pada gambar dibawah ini:

kursus toko online

4. Klik tombol “Save changes” untuk menyimpan setting persediaan barang.

5. Jika setting inventory sudah aktif maka pada saat menambahkan produk, pada bagian “Product Data“, klik tab “Inventory“.

kursus toko online

6. Berikanlah tanda Checklist (v) untuk “Manage stocks?“. Isikan pada kotak “Stock Qty” dengan jumlah stok barang yang ada.

7.  Selanjutnya  Pilih “Stock status” dengan pilihan “In stock” jika produk masih ada stoknya atau “Out of stock” jika produk sudah habis stoknya. Hasilnya adalah status stok akan muncul pada detail produk.

7. “Allow barcoders?” bisa anda isi jika produk toko online anda menggunakan barcode.

8. “Sold individually?” bisa anda isi jika pembeli hanya bisa membeli produk HANYA dengan jumlah satu saja.

9. Untuk menyimpan dan menampilkan produk yang anda tambahkan klik pada tombol “Publish“. Coba anda refresh halaman produk toko online anda. Dibawah ini contoh tampilan screenshot dari hasil setting stock management.

kursus toko online

10. Selamat mencoba..!

Artikel Terkait: