Cara Mengatasi Folder WYSYWIG hilang dari Media toko online Magento

Setelah instalasi, mungkin anda mengalami masalah pada saat akan mengupload gambar pada Magento melalui area backend seperti ini: “The directory is not writable by server.” dan juga Tombol “Upload” tidak berfungsi. Jika anda cek di File Manager via CPanel maka anda tidak menemukan satu folder yaitu folder “wysywig” alias hilang. Folder ini adalah folder tempat menyimpan semua media gambar pada Magento. Jika normal maka pada path public_html/media/ akan terdapat folder tersebut.

Masalah ini dikarenakan ketika anda melakukan Cara Install Magento secara Manual, anda mungkin lupa mengecek permission dari folder app/etc , var , dan media harus pada permission “777 atau writable“. Nah untuk mengatasinya caranya cukup sederhana yaitu:

1. Login ke area backend Magento
2. Cobalah buatlah Page atau CMS Block. Ubahlah mode WYSYWIG menjadi CODE EDITOR dengan mengklik tombol “Show/Hide Editor“.
3. Selanjutnya klik tombol “Insert Image“.
4. Perhatikan pada bagian “Create Folder“. Buatlah satu folder misalnya “tes” selanjutnya klik tombol “Create Folder“.
5. Kemudian cobalah melakukan upload gambar pada folder tersebut. Klik tombol “Browse” untuk memilih file gambar di komputer lokal dan terakhir klik tombol “Upload” untuk mulai proses upload.
6. Jika anda berhasil maka setelah anda Refresh halaman maka error “The directory is not writable by server.” tidak akan tampil kembali. Cobalah anda cek pada path public_html/media/ pasti akan muncul kembali folder “wysywig”.

Selamat mencoba..!

Artikel Terkait: