Cara Membuat Kupon Belanja Toko Online Woocomerce

Kupon belanja adalah potongan harga yang diberikan oleh pemilik toko online kepada calon pembelinya atas setiap pembelian produk. Potongan harga tersebut disediakan dalam bentuk Kupon (Coupon). Kalau di toko offline kupon biasanya berbentuk selembar kertas berisi catatan potongan harga sedangkan pada toko online biasanya berupa kode yang bisa diinputkan pada saat proses belanja.

 

Pemakaian kupon ada 2 cara yaitu pemakaian yang dibatasi oleh masa expired dan pemakaian yang dibatasi oleh jumlah pemakaiannya. Contohnya kupon berlaku untuk pemakaian  1x untuk 1 pelanggan dengan masa kadaluarsa tertentu. Adanya kupon akan menarik calon pembeli untuk membeli produk toko online kita. Pemilik toko online biasanya mengeluarkan kupon untuk periode-periode tertentu saja, misalkan pada saat lebaran atau hari besar.

Toko Online woocommerce memungkinkan pengelola mensetting penggunaan kupon belanja yang bisa di atur melalui area administrator. Langkahnya sebagai berikut:

1. Pertama kali,  administrator harus mengaktifkan setting penggunaan kupon terlebih dahulu. Dan selanjutnya membuat dan menambahkan kupon baru.  Cara mengaktifkan penggunaan kupon pada toko online cukup sederhana.  Setelah login area administrator >> pilih menu “Woocommerce“. Selanjutnya pilih submenu “Settings“. Anda akan melihat banyak tab pada jendela kerja. Salah satunya adalah tab “Checkout“. Klik pada tab tersebut.

Kursus toko online

2. Perhatikan pada submenu “Checkout options“>> Data “Checkout process” >> Berikan checklist (v) pada “Enable the use  of Coupons“.

Kursus toko online

3. Klik tombol “Save changes” untuk menyimpan setting pengaktifan kupon belanja. Maka secara otomatis Woocommerce akan mengaktifkan modul checkout penggunaan kupon belanja.

4. Masih di area administrator pada menu “Woocommerce” >> pilih submenu “Coupons“. Untuk membuat kupon baru klik tombol “Add coupon“.

Kursus toko online

5. Ada formulir yang harus anda isikan: a. Coupon code: isikan kode kupon. Kode kupon ini yang nantinya akan dimasukkan oleh pembeli pada saat proses checkout. b. Description: isikan deskripsi singkat tentang kupon yang anda berikan.

Kursus toko online

 

6. Selanjutnya pada “Coupon Data” terdapat 3 kategori data: 1. General adalah settingan kupon secara umum. 2. Usage Restriction adalah settingan untuk batasan penggunaan kupon. 3. Usage Limits adalah batasan jumlah pemakaian kupon. Perhatikan penjelasan cara setting seperti gambar dibawah ini:

A. General

Kursus toko online

B. Usage Restriction

Kursus toko online

C. Usage Limits

Kursus toko online

7. Jika sudah selesai anda bisa klik “Publish“. Maka kupon anda akan aktif dan bisa digunakan oleh pembeli untuk belanja di toko online anda.

Kursus toko online

8. Untuk melihat hasilnya, coba lakukan simulasi belanja. Pada proses checkout anda akan mendapati bagian penggunaan kupon seperti gambar dibawah ini. Jika pembeli memasukkan kode produk maka otomatis akan mengurangkan total pembayaran anda.

Kursus toko online

9. Selamat mencoba..!

 

Artikel Terkait: