Cara Install Plugin WordPress secara Manual

Jika anda menggunakan plugin worddpress terkadang anda akan menemukan plugin dengan ukuran cukup besar misalnya lebih dari 2 MB. Dan mungkin anda mengalami masalah dalam instalasi plugin tersebut secara otomatis melalui area administrator web wordpress. Anda ga usah panik, kontak layanan hosting yang anda gunakan untuk merubah setting server upload file diijinkan di atas 2 MB. Bagaimana jika pihak hosting tidak memenuhi keinginan anda tersebut? Terpaksanya anda harus melakukan instalasi Manual.

Cara manual instalasi plugin sebaiknya dilakukan jika setting server tidak mendukung upload file berukuran besar. Server biasanya membatasi besar maksimal file yang diijinkan. Jika menggunakan server localhost, masalah ini bisa kita atasi dengan merubah sendiri setting file php.ini. Masalah yang timbul ketika upload adalah munculnya pesan bahwa anda sistem melakukan upload.

 

Untuk mengatasi hal tersebut maka anda harus melakukan upload file plugin secara manual.

1. Login ke area CPanel Hosting >> Pilih box “File” >> Klik icon “File Manager

2. Pilih web root jika anda menginstall wordpress di domain utama.

3. Temukan path: Public_html > wp-content > plugin

4. Selanjutnya upload file plugin yang sudah anda download.

5. Jika sudah terupload sempurna selanjutnya lakukanlah Extract file zip plugin ke dalam “Public_html > wp-content > plugin“. Hasil ekstrak adalah sebuah folder dengan nama plugin anda dalam folder plugin.

6. Proses instalasi selesai selanjutnya anda bisa mengecek melalui area admin wordpress. Pada navigasi kiri temukan  menu “Plugins” >> Klik pada submenu “Installed Plugin“. Anda akan melihat plugin yang anda install.

7. Lakukan Aktifasi plugin dengan mengklik link “Activate“.

8. Selamat mencoba.

Artikel Terkait: