Cara Install Magento secara Manual

Instalasi shopping cart Magento bisa dilakukan dengan dua cara yaitu secara Manual dan atau Otomatis. Pada instalasi manual pengguna harus membuat database,mengupload file dan menjalankan wizard instalasi. Sedangkan Instalasi secara otomatis pekerjaan pembuatan database, upload file dan wizard langsung dijalankan oleh software. Software yang biasa dipakai adalah Softacolous. Anda bisa melihat lagi tutorial Cara Install Magento dengan Softacolous.

Pada tutorial ini saya akan menunjukkan kepada anda cara install Magento secara manual. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Download Magento di link: http://www.magentocommerce.com/download. Pilih versi Magento sesuai kebutuhan anda. Selanjutnya klik tombol Download untuk mendownload ke komputer lokal.

2. Upload file download Magento ke server hosting dan taruh di path “public_html/” jika anda ingin menginstall magento di domain utama. Anda bisa mengupload file magento menggunakan Software FTP atau File Manager pada Cpanel Hosting anda.

3. Selanjutnya ekstract file zip yang sudah anda upload dan jika anda perhatikan maka pada public_html/ akan terdapat folder “magento“. Pindahkan semua konten dalam folder tersebut ke path “public_html/” dengan cara pilih icon “Select All” >> pilih icon “Move” atau “Copy“. Ketikkan path lokasi tujuan. Hasilnya adalah semua file magento akan terpindahkan ke public_html/

4. Berikutnya adalah anda buat database untuk toko online magento anda. Cara membuat database di cpanel bisa anda disini. Simpan nama database, user dan password database.

5. Buka tab browser baru. Ketikkan nama domain anda. misalnya: http://www.namadomainanda.com. Selanjutnya akan tampil wizard instalasi seperti gambar dibawah ini:

kursus toko online magento

6. Centang pada kotak “I agree….”. Klik tombol “Continue” untuk melanjutkan ke proses berikutnya.

7. Proses selanjutnya setting bahasa,zona waktu, dan mata uang yang akan digunakan pada toko online seperti gambar dibawah ini. Lanjutkan dengan klik tombol “Continue“.

kursus toko online magento

8. Berikutnya akan tampil jendela konfigurasi database. Isikan nama database, user dan password database dengan benar. Jika sudah benar klik tombol “Continue” untuk menuju proses instalasi berikutnya.

kursus toko online magento

9. Setelah itu akan muncul tampilan jendela setting area administrator untuk magento. Isikan data data user administrator seperti contoh pada gambar.

kursus toko online magento

10. Langkah terakhir klik tombol “Continue“. Tunggulah beberapa saat, jika proses instalasi berhasil maka akan tampil jendela seperti ini. Tombol “Go to Frontend” digunakan jika anda ingin melihat tampilan halaman depan. Sedangkan tombol “Go to Backend” jika anda ingin menuju halaman Administrator magento.

kursus toko online magento

11. Proses instalasi selesai. Cobalah refresh dan buka halaman website toko online anda dengan mengetikkan nama domain anda pada tab browser.

12. Selamat mencoba..!

 

Artikel Terkait: