Cara Instal Prestashop di Localhost XAMPP

Prestashop adalah Content Management System (CMS) berbasis PHP MySQL yang bersifat opensource dan dipakai untuk membuat toko online. Opensource berarti bisa dikembangkan oleh semua pengguna dan di sharingkan secara Gratis. Sebagian pengguna memanfaatkan prestashop karena gratis, filenya ringan, mudah dicustomize, modulnya lengkap dan bisa disetting URL friendly. Anda bisa mendapatkan referensi di sini.

 

Sebelum menggunakannya anda harus terlebih dahulu mendownloadnya dan kemudian menginstalnya ke dalam server hosting. Ada beberapa hal yang harus anda siapkan sebelum melakukan instal prestashop  di Localhost komputer anda secara offline.

1. Anda harus mempunyai server XAMPP yang terinstal dalam komputer anda. Jika belum menginstal maka anda bisa mendownload server XAMPP. Langkah selanjutnya adalah menginstal server XAMPP. Jika XAMPP sudah berhasil diinstal maka anda akan mendapati pada komputer anda pilih Start >> All Programs >> Temukan XAMPP >> Pilih XAMPP Control Panel.

2. Klik tombol Start pada server Apache dan MySQL maka server XAMPP anda akan langsung aktif. Untuk mengeceknya ketikkan pada tab browser anda: http://localhost. Hasilnya anda akan melihat jendela XAMPP pada browser yang anda gunakan.

3. Temukan folder htdocs pada drive lokal komputer anda. Misalnya: C:XAMPPhtdocs. Buatlah folder baru untuk menyimpan web toko online prestashop yang akan anda buat. Dalam tutorial ini saya memberi contoh nama foldernya “webprestashop“. Ekstrak file zip prestashop yang sudah anda download ke dalam folder “webprestashop“.

4. Langkah selanjutnya, Siapkan database yang akan digunakan dalam prestashop melalui PHPMyadmin. Ketikkan pada tab browser anda: http://localhost/phpmyadmin. Perhatikan tab atas pilih “Databases” >> Isikan Nama Database >> Klik tombol “Create“. Perlu anda catat: jika anda sebagai admin XAMPP maka user database adalah “root” sedangkan password untuk akses database adalah kosong alias tidak ada. Coba saya ringkas disini:

Nama Database: sesuai anda menamainya
User Database: root
Password: kosongkan

5. Setelah anda selesai membuat database maka anda sudah bisa memulai menginstal Prestashop di server localhost. Ketikkan pada tab browser http://localhost/webprestashop. Perhatikan webprestashop adalah folder yang kita buat pada poin(3). Nah, selanjutnya anda akan mendapatkan jendela installer prestashop pada browser anda. Alur instalasi prestashop bisa anda lihat melalui video berikut:

Artikel Terkait: