Cara Backup Database Toko Online Prestashop

Backup data adalah menyimpan data ke komputer lokal. Data dapat berupa File dan Database. Untuk melakukan backup file dan database bisa dilakukan melalui CPanel Hosting. Pada tutorial ini saya akan menunjukkan kepada anda Cara Backup Database Toko Online dari Area Administrator toko online Prestashop. Database ini penting untuk dibackup karena berisi semua data-data toko online kita.

Database ini berisi tabel-tabel yang satu sama lain saling terhubung. Tujuan membackup database adalah agar jika database rusak karena Hacker maka bisa kita pulihkan kembali ke normal.

Adapun cara membackup database melalui area Administrator adalah sebagai berikut:

1. Login ke area Administrator toko Online Prestashop anda

2. Pilih menu “ADVANCED PARAMETER” >> pilih submenu “DBBackup

kursus toko online prestashop

3. Baca terlebih dahulu “Disclaimer” dan “How to Restore“, jika anda sudah paham klik tombol “I have read Disclaimer. Please Create New Backup“.

kursus toko online prestashop

4. Selanjutnya tunggu beberapa saat maka Prestashop akan menggenerate file Backup secara otomatis. Hasil backup database akan tersimpan dalam format “ .SQL.GZ” dan akan tampil pada jendela utama “DBBackup” seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

kursus toko online prestashop

5. Klik tombol “Download the Backup File” untuk menyimpan backup database ke komputer lokal anda.

kursus toko online prestashop

Selain melalui area Administrator, ada cara lainnya adalah melalui PHPMyadmin dan menu Backup di Cpanel Hosting. Jika anda sering melakukan update data maka sebaiknya backup database juga harus sering dilakukan. Anda bisa melakukan backup database secara periodik misalnya 1 minggu sekali. Ingat proses Restore Database akan mengembalikan database ke waktu terdekat anda sesuai pada saat Backup.

Selamat mencoba..!